Waterstop PVC atau Swelling Waterstop. Pilih mana? #2

Waterstop PVC masih menjadi yang terbaik dibandingkan dengan Swelling Waterstop, Karena?

Penggunaan Waterstop pvc maupun swelling waterstop pada umumnya digunakan untuk bangunan beton yang memiliki tekanan air yang tinggi, misalnya pada tandon air, pada bendungan, bahkan pembuatan pada terowongan juga penting untuk menggunakan waterstop.

Namun dalam praktek terdapat beberapa jenis waterstop, diantaranya waterstop PVC dan Swelling Waterstop. cukup banyak aplikator masih bingung jenis waterstop mana yang terbaik dan cocok untuk proyek yang sedang dikerjakan. Mari kita bahas dan kita bedah satu-perseatu.

Dari sisi bahan
  • PVC Waterstop dinilai lebih unggul karena PVC sendiri adalah (polyviny chloride) memiliki daya tahun, kelenturan, dan ketahananya terhadap kimia, kelenturan PVC memungkinkan sangat baik menyesuaikan pergerakan struktur bangunan.
  • Bahan umum untuk swelling waterstop adalah bentonit yang memiliki kemampuan mengembang ketika terpapar air demham campuran polimer untuk meningkatkan kinerjanya.
Dari sisi Aplikasi
  • PVC Waterstop ditanam di dalam beton selama proses pengecoran, ditempatkan di tengah sambungan.
  • Swelling Waterstop dipasang sepanjang sendi konstruksi atau celah yang rentan terhadap kebocoran. Pada umumnya, pemasangan melibatkan penyematan di dalam beton selama proses pengecoran.
Kelebihan masing-masing
  • PVC Waterstop sangat tahan terhadap bahan kimia membuatnya cocok untuk berbagai lingkungan, memiliki kelenturan yang baik dapat menyesiaikan pergerakan lingkungan, PVC adalah bahan yang tahan lama dengan umur pemakaian yang panjang.
  • Swelling Waterstop mampu memberikan lapisan tambahan perlindungan terhadap kebocoran air dikarenakan bahan pembuatanya dapat mengembang ketika terpapar air.
Kemampuan dalam mengatasi honey comb
  • PVC Waterstop kita nilai lebih efektif dibandingkan dengan Swelling Waterstop, karena memiliki bentuk yang cukup lebar sehingga honeycomb yang terbentuk karena sambungan beton tidak membuat air melebihi lebarnya PVC Waterstop.
  • Sedangkan swelling waterstop kita nilai kurang efektif dikarenakan material tidak cukup lebar membuat honeycomb lebih tinggi dibanding material mengakibatkan air tetap bisa melewati swelling waterstop dan tetap menyebabkan kebocoran.

Baca juga artikel kami yang lain tentang PU Concrete untuk lantai produksi dan gudang & Additive pengeras beton, untuk bangunan rumah

beli produk waterstop pvc di Tokopedia

 

share this post to :

ABOUT US

PT. Kimia Konstruksi Indonesia is committed to providing the right construction chemical solutions for all your project needs. With our experience in handling various prestigious construction projects throughout Indonesia, our products and services have been proven and trusted to be the best solutions made by the local company.

©2024 Copyright Concrete Solution.